New Crazy People, Group Sial yang Layak Juara

10 September 2017 22:58:11
Post

GAJAHLAMTIM.COM- Nama groupnya, New Crazy People. Ketika technical meeting, dua hari sebelum dimulainya Festival Musik Kreatif 2017 di Lapangan Merdeka, Pekalongan, Lampung Timur (Lamtim), group yang dipimpin Imam Sobirin ini, mendapat undian tampil dengan angka sial. Yakni, nomor 13.

Bahkan, nama group musiknya, dijadikan bahan tertawaan peserta lain dan jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamtim yang hadir di technical meeting karena artinya, kumpulan "orang gila baru".

Akan tetapi dalam dunia kreatif, ternyata tidak ada hubungannya dengan mitos dan berbagai ajaran mistik terkait kesialan. Terbukti, ketika menjiwai dan penuh penghayatan saat tampil, didukung dengan kekompakan tim dan pengetahuan soal mengolah musik, New Crazy People berhasil meraih juara pertama dalam even yang digelar Pemkab Lamtim itu.

Group musik yang berasal dari Pugung Raharjo, Lamtim itu setelah membawakan lagu wajib peserta, mendendangkan lagu "Nyi Roro Kidul" milik CB Band.


Intro yang dimainkan, juga cukup memukau semua pengunjung Festival Musik Kreatif. Dimulai dengan kicau-kicau burung yang dimainkan dengan mulut pakai plastik sedotan, lalu botol-botol bekas yang diketuk dengan sendok, serta ember bekas dan kaleng bekas cat yang dijadikan kendang, menghadirkan harmoni. Komposisi musik yang dimainkan, cukup selaras dengan olah vokal baik ketika menyanyikan "Bumei Tuwah Bepadan" maupun "Nyi Roro Kidul".

New Crazy People sendiri, menjadi group yang punya keunikan khas anak muda Pugung Raharjo. Nama vokalis misalnya. "Nama aslinya Rohmad Saputra, tapi biasa dipanggil Pungo alias Gila, sesuai dengan nama group musiknya haha..." kata Imam.

Selain itu, nama group mengambil kata Crazy juga, jelas Imam, sebenarnya kaya makna folosofis. "Karena kami semua memang gila musik, tepatnya menggilai semua jenis musik, bukan gila beneran lho, haha..."


Terpisah, Ketua Dewan Juri, Entus Alrafi yang diminta komentar terkait kemenangan New Crazy People menjelaskan, secara komposisi musik dan skor yang dikumpulkan dari pendapat tiga juri, Crazy People mendapat nilai 1980. Paling tinggi dibanding group musik lain. "Baik dari sisi vokal, keunikan alat musik, komposisi dan ketukan-ketukan sekaligus penghayatan sebuah lagu, semuanya dapat, New Crazy People memang layak jadi juara," kata Entus pada gajahlamtim.com, Minggu, 9 September 2017 malam.

Entus menegaskan, meski dari sisi kreativitas dan ekspresi banyak yang masih belum lepas, terutama misalnya dari botol yang dipukul jadi alat musik, letaknya di bawah. Sementara jarak panggung dengan kursi juri, cukup jauh, mestinya peserta lebih kreatif dengan meletakkan alat musiknya di atas agar terlihat oleh penonton yang ada di depannya. "Bukan duduk, tapi ini sekadar kritik untuk perbaikan pelaksanaan Festival Musik Kreatif ke depannya," kata dia. (lis)