Jelang Festival Sepeda BMX, Anak Muda Lamtim Giat Berlatih

15 Maret 2017 01:53:31
Post

GAJAHLAMTIM.COM- Sebagai bentuk komitmen pada proses memajukan olah raga di Lampung Timur (Lamtim), pemerintah kabupaten berjuluk bumei tuwah bepadan itu membuat berbagai even yang memacu prestasi. Khususnya mengakomodir kegemaran kaum muda di Lamtim. Salah satunya, Festival Sepeda BMX. 

Tak tanggung-tanggung, Festival Sepeda BMX itu bahkan masuk kalender pariwisata di Lamtim. Agenda yang bakal digelar rutin setiap tahun pada 19 Maret itu, sudah memperlihatkan geliatnya. Salah satunya, terlihat puluhan anak muda yang mulai intensif berlatih untuk mengasah kemampuan jelang acara yang bakal dihelat pada Minggu, 19 Maret 2017.

Toni, salah satu anak muda yang ikut berlatih di playground, kompleks Islamic Centre Sukadana, Lamtim menyatakan, dirinya cukup gembira dengan agenda Festival BMX. Sebab, menurut dia bisa menampung komunitas dan khususnya anak-anak muda yang hobi bersepeda unjuk kebolehan serta kecepatan.

Lebih jauh, Toni berharap agar kompleks Islamic Centre yang luas, selama ini sering sepi bisa dijadikan semacam gelanggang remaja. "Ya seperti aneka olah raga khusus untuk anak-anak muda, syukur-syukur bisa untuk sepatu roda juga. Sementara ini khusus sepeda BMX boleh lah," kata dia, Selasa, 14 Maret 2017 sore.


Puluhan anak muda ketika berlatih dan menguji kemampuan jelang Festival Sepeda BMX Lampung Timur, Selasa, 14 Maret 2017 sore.

Senada, Andi, salah satu anak muda Lamtim yang cukup piawai memainkan berbagai atraksi sepeda BMX itu berharap, ada semacam BMX Competition sebelum puncak acara Festival Sepeda BMX. "Jadi yang bertanding ini bisa mewakili setiap kecamatan berdasarkan seleksi yang ketat, jadi semua penonton bukan hanya terhibur, tapi juga mendapat suguhan kompetisi yang berkualitas," kata dia. 

Andi berharap, Festival Sepeda BMX yang baru pertama kalinya dihelat di Lamtim ini, bisa masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional atau yang sering disebut UCI (union cycliste international). "Makanya nanti kalau Pemerintah Kabupaten serius bisa buat sirkuit BMX yang punya banyak obstacle, menantang atau yang cukup sulit," ujarnya.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui siapa saja atlet-atlet profesional yang sudah siap bertanding dan hadir dalam Festival BMX di Lamtim.

Dukungan dari Bupati Nuni

Terpisah, Bupati Lamtim, Hj Chusnunia Chalim menegaskan, pemerintah kabupaten punya komitmen bersama untuk memasyarakatkan olah raga sepeda. Bahkan, semua hobi dan komunitas kreatif, apapun jenisnya bakal mendapat tempat yang layak dan mendapat apresiasi dari pemerintah. "Semua kami maksimalkan untuk mendapat fasilitas serta punya ajang kompetisi di semua level, agar terwujud prestasi-prestasi dari daerah," kata Mba Nuni, sapaan akrab Bupati Lamtim itu, Selasa, 14 Maret 2017 pada gajahlamtim.com.

Festival sepeda BMX adalah dalam rangka mewujudkan itu, lanjut dia, sehingga masuk kalender pariwisata Lamtim. 

Harapannya, semua anak muda punya semangat bersama untuk bahu membahu memajukan daerah. "Pelan-pelan namun dengan langkah pasti, semua lini pembangunan kita perbaiki. Peran aktif masyarakat sangat diharapkan," kata dia.

Diketahui, Festival Sepeda BMX adalah bagian dari 22 Festival di Lamtim. Festival itu memiliki kategari lomba, yakni anak-anak usia 8-10 tahun. Usia 11-13 tahun, kategori usia 14-16 tahun dan kategori usia 17-19 tahun. Ada juga kategori terbuka untuk kelompok laki-laki dan perempuan. Peserta bisa mendaftarkan diri di Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Timur. Semua juara bakal mendapat hadiah langsung dari Bupati Lamtim Hj. Chusnunia Chalim, Phd. (lis)