Festival Ogohogoh di Lamtim untuk Menyatukan Kekuatan

25 Maret 2017 00:12:43
Post

GAJAHLAMTIM.COM- Belum selesai bekas-bekas kemeriahan di Festival Sepeda BMX di Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, Jumat, 24 Maret 2017. Pemeritah dan masyarakat Kabupaten Lampung Timur kembali menggelar Festival Ogohogoh.

Bupati Lampung Timur (Lamtim) Hj. Chusnunia Chalim, Phd selain membuka dan memberikan sambutan, juga ikut atraksi serta berbagai seremoni yang menyiratkan kegembiraan bersama. Acara yang dipusatkan di Lapangan Pringgodani, Kecamatan Sukadana, Lamtim itu menurut Mba Nuni, sapaan akrab Bupati Lamtim menjelaskan. Festival Ogohogoh ini sebagai ajang pembakaran Butakala. "Buta adalah kekuatan yang terukur, sementara kala adalah waktu," ujar dia dalam sambutannya.

Dalam penjelasannya juga, Ogohogoh merupakan cerminan sikap-sikap negatif yang ada pada diri manusia. Sementara semua manusia, pasti memiliki elemen positif maupun negatif. "Festival Ogohogoh yang diwarnai pembakaran patung Butakala adalah lambang membakarnya sifa negatif kita, lebih jauh lagi, sebagai bagian perayaan terutama bagi saudara-saudara kita yang beragama Hindu, menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamtim berdiri di atas semua golongan, pemerintah berusaha hadir di tengah-tengah kelompok masyarakat dengan latar agama maupun suku apa pun, demi kebersamaan memajukan daerah," kata Mba Nuni.

Festival Ogohogoh 2017 ini, jelas Bupati Lamtim, sebagai bagian dari rangkaian kalender wisata yang akan kita gelar rutin setiap tahun. "Kita harus bersatu untuk menjadikan Kabupaten Lamtim lebih baik dan lebih maju," pungkasnya. 

Bupati bersama forkopimda kemudian mengawali pembukaan Festival Ogohogoh dengan menabuh gong. (lis)