Festival Musik Kreatif 2017 Berlangsung Sukses

9 September 2017 23:44:31
Post

GAJAHLAMTIM.COM- Festival Musik Kreatif yang menjadi rangkaian kalender pariwisata Kabupaten Lampung Timur, secara resmi ditutup. Acara yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Pekalongan itu menghasilkan beberapa group musik yang dipilih dewan juri sebagai pemenang. Kriterianya, paling kreatif, alat musik paling inovatif, idealnya komposisi musik yang dihasilkan dari berbagai barang bekas serta keterpaduan lagu wajib "Bumei Tuwah Bepadan" dan lagu pilihan peserta.

"Tiga juara utama dan 10 group terpilih, ditentukan dari berbagai alat ukur antara lain, kreatifitas alat musik, kekompakan dan orisinalitas," kata Enthus Alrafi, ketua Dewan Juri ketika membacakan perolehan nilai masing-masing peserta, Sabtu, 9 September 2017 sore.

Didampingi dua juri lainnya, Juni Sukoco dan Ahmad Hendro, Enthus Alrafi memuji kesuksesan acara sekaligus kreatifnya para peserta dalam menampilkan komposisi bermain musik. "Festival Musik Kreatif ini juga baru pertama kali digelar di Provinsi Lampung, semoga tahun depan bisa lebih meriah," ujar dia.

Bupati Lampung Timur, Hj Chusnunia Chalim yang menggagas digelarnya even Festival Musik Kreatif ini, didasari banyaknya anak-anak muda kreatif di daerahnya yang butuh ruang. "Kami dari pihak pemerintah, hanya menyiapkan panggung agar kreasi dan kreatifitas anak-anak muda di Lampung Timur dapat terus berkembang ke arah positif."

Semua lini dan bidang pembangunan, harus secara serentak digerakkan untuk terus maju. Hal ini, lanjut bupati perempuan pertama di Provinsi Lampung itu, butuh kerja sama dan keterlibatan semua pihak. "Terutama anak-anak muda di Lamtim agar terus memaksimalkan semua potensi yang dimiliki untuk menunjang suksesnya pembangunan di semua bidang," kata Mba Nuni, sapaan akrab Bupati Lamtim itu.

Festival Musik Kreatif sendiri, sukses digelar dengan melibatkan banyak pihak. Dimana pelaksana kegiatannya, dibawah koordinasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung Timur. "Alhamdulillah semua berjalan meriah dan sukses, banyak group-group musik yang unjuk kebolehan dalam proses cipta dan kreasi musik. Selain menjadi panggung hiburan rakyat, Festival Musik Kreatif 2017 ini sekaligus menjadi arena asah potensi anak-anak muda Lampung Timur," ujar DR. Senin Mustakim, Kepala Bapenda sekaligus ketua panitia pelaksana.

Menariknya, jelas dia, peserta yang ikut berkompetisi juga bukan hanya didominasi anak-anak muda. Beberapa group yang terdiri dari kakek nenek juga tampil mempesona. Memakai lesung untuk alat musik dan semacamnya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Lampung Timur, Syahrudin Putra yang membuka acara itu menegaskan, pentingnya bersama-sama mendorong kemajuan daerah agar lebih dikenal luas. Bukan saja warga Lampung Timur harus bersiap-siap untuk meningkatkan semua sumber daya mengejar berbagai keterbelakangan, melalui Bupati Lampung Timur juga, saat ini sudah mulai dikenalkan bahwa kekayaan seni dan budaya Lampung Timur layak tampil di pentas dunia.

"Saat ini, Bu Bupati sedang di Jerman, memperkenalkan tari melinting dan berbagai kerajinan khas Lampung yang ada di Lampung Timur agar semakin mendapat apresiasi dunia," ujar dia.

Diketahui, juara pertama Festival Musik Kreatif 2017 diraih group New Grazy People. Juara kedua, group Bossas dan juara ketiga sukses diraih, group musik yang bernama Lasht Kish. Semuanya berasal dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Ketiganya dipilih juri karena mampu menghadirkan berbagai alat musik dari berbagai barang bekas. New Grazy People bahkan mampu mengubah plastik bekas sedotan air mineral menjadi kicauan suara-suara burung yang cukup indah dan permai, ditambah dengan kemampuan membuat komposisi harmonis lagu dan berbagai tetabuhan lain. Peserta lain juga tak kalah kreatif. Ada yang membawa botol berisi air, mengubah ember dan kaleng bekas jadi drum, kursi rusak dan berbagai barang rumah tangga jadi alat musik.

Mukmin, salah satu pemain musik yang groupnya belum berhasil jadi juara dan mendapat hadiah uang tunai, meyakini tahun depan groupnya bakal jadi juara. "Kami butuh ruang lebih panjang untuk berlatih, kalau tahun depan, saya yakin group kami bisa jadi juaranya," kata dia penuh optimisme.

Total peserta yang ikut Festival Musik Kreatif 2017 ini ada 27 group. (lis)