Bossas yang Bawakan Bahas Bahasa dengan Galon

11 September 2017 00:06:28
Post

Lidah kian berlari tanpa henti
Tanpa disadari tak ada arti
Bahasamu bahas bahasanya
Lihat kau bicara dengan siapa

DEMIKIAN bait dari penggalan lirik yang dinyanyikan group musik Bossas, peserta Festival Musik Kreatif 2017 dengan nomor tampil 14 itu. Setelah menyanyikan lagu wajib "Bumei Tuwah Bepadan" group yang digawangi Farid ini, membawakan lagu berjudul "Bahas Bahasa" milik Barasuara.

Secara apik, group yang bernama Bossas ini, memadukan antara kendang dari galon air kosong dan menabuh drum dari gentong plastik disertai petikan gitar akustik. Terkait makna nama Bossas, Farid menjelaskan. "Itu singkatan dari Bocah Sadar Sriwijaya," jelas Farid.

Sadar Sriwijaya sendiri, bagian dari nama desa yang ada di Kecamatan Bandar Sribawono, Lampung Timur. Atas kepiawaiannya memainkan musik dan menyanyikan lagu, dewan juri yang terdiri dari Entus Alrafi, Ahmad Hendro dan Juli Sukoco menetapkan Bossas sebagai juara kedua. Berhak atas hadiah piala dari Bupati Lampung Timur, Hj. Chusnunia Chalim dan uang pembinaan sebesar Rp.3 juta.


Kepiawaian bermain musik anak-anak muda kreatif di Lampung Timur, menurut Entus Alrafi, layak terus diberi ruang. "Beruntung, Pemerintah Kabupaten melalui Bapenda cukup paham kondisi ini. "Even semacam Festival Musik Kreatif ini mesti terus digerakkan dengan lebih partisipatif," kata Entus pada gajahlamtim.com.

Senada diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Bapenda Lampung Timur, Senin Mustakim. Pemerintah berusaha semaksimal mungkin memberikan ruang dan wadah bagi kreatifitas warga. Bukan hanya anak mudanya, melainkan semua masyarakat Lampung Timur. "Ini pertama kalinya pemerintah daerah menggelar festival musik kreatif, ke depan, akan kita siapkan lebih serius dengan melibatkan banyak pihak, terutama meluaskan cakupan peserta lomba. Syukur-syukur bertaraf nasional," kata dia.


Diketahui, Festival Musik Kreatif yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 ini diikuti 27 group musik yang mendaftarkan diri. Dan dewan juri telah menetapkan jura pertama, New Crazy People. Kedua, group Bossas dan juara ketiga, diraih Lasht Kish. (lis)